0

Udaranya sejuk segar dengan dikelilingi berbagai gunung dan bukit yang hijau. Banyak terdapat tanaman apel yang menjadi ciri khasnya. Posisinya di sebelah barat Kota Malang. Itulah gambaran sekilas mengenai Kota Wisata Batu Malang. Hingga mendapat julukan kota apel dan kota wisata. Hal ini tak lepas dari kondisi Kota Batu sekarang ini yang semakin maju dan berkembang. Selain dikelilingi panoraman yang indah sehingga sangat tepat bila dijadikan tempat refreshing juga karena banyak destinasi tempat wisata di Batu Malang . Lokasi tempat wisatanya juga mudah dijangkau, Kalau dari Fariz Hotel malang tinggal menuju ke arah barat saja.

10 Tempat Wisata di Batu Malang

1. Alun-alun Batu

Tempat Wisata di Batu MalangAlun-alun batu terletak tepat di tengah-tengah kota Batu dan menjadi sentra hiburan masyarakat Batu maupun wisatawan dari luar kota. Sesuai dengan namanya, di alun-alun ini terdapat replika buah apel super besar yang menjadi ikon kota batu. Yang membuat alun-alun ini unik dan berbeda dari alun-alun lain adalah adanya bianglala tepat di tengah alun-alun.

Bianglala ini dapat dinaiki oleh semua pengunjung dengan biaya sekitar 3.500 Rupiah saja per orang. Dari atas bianglala ini, Anda bisa menikmati pemandangan kota batu di malam hari. Selain bianglala, masih ada taman air dan beberapa lokasi yang ciamik untuk berfoto. Kebersihan di tempat ini sangat dijaga, jadi jangan sekali-kali Anda membuang sampah sembarangan jika tidak ingin ditegur oleh penjaga kawasan wisata ini. Setiap harinya, pengunjung yang datang ke sini mencapai 1.000 sampai 5.000 orang.

2. Petik Apel Kusuma Agrowisata

Kusuma Agrowisata terletak di Jalan Abdul Gani Atas, Batu. Kusuma Agrowisata merupakan salah satu pioner wisata agro yang menyediakan fasilitas hotel. Di sini Anda bisa menikmati wisata petik buah apel, jeruk, jambu merah, buah naga, strawberry dan juga sayuran hidroponik yang pasti bebas pestisida yang sudah ada di kebun. Nantinya, Anda akan ditemani oleh pemandu untuk mengelilingi perkebunan.

Selain wisata petik buah dan sayur, di sini juga terdapat fasilitas outbond dan waterpark bagi anak-anak ataupun orang dewasa. Untuk biaya wisata petih buah Anda harus membayar antara 45.000 – 60.000 Rupiah tergantung hari dan juga paket yang akan Anda ambil. Sedangkan untuk paket outbond, anak-anak dikenakan biaya 85.000 Rupiah dan untuk orang dewasa 125.000 Rupiah.

3. Wisata Air Terjun Coban Rais dan Coban Rondo

Karena berada di daerah dataran tinggi, kota Wisata Batu memiliki beberapa wisata air terjun yang sangat indah. Dua di antaranya adalah Coban Rais dan Coban Rondo. Coban Rondo adalah wisata air terjun yang cocok dikunjungi bersama keluarga, karena jarak antara air terjun dan pintu masuk serta jalanan lebih mudah diakses.

Lokasi dari Coban Rondo di Desa Pandansari, Kecamatan Pujon. Air terjun di Coban Rondo memiliki ketinggian 60 meter. Di sini juga terdapat taman labirin yang sangat cocok untuk lokasi berfoto dan bermain.

Berbeda dengan Coban Rondo, Coban Rais adalah wisata air terjun yang patut Anda kunjungi bersama teman-teman karena di sini Anda bisa berkemping di bukit bintang bersama teman-teman tercinta. Ketika hari sudah mulai petang, di bukit ini Anda bisa berbaring beralaskan rumput dan berselimut bintang bak film-film drama. Saat mengunjungi Coban Rais, jangan lupa membawa bekal makanan sendiri dan siapkan stamina, karena track menuju air terjun dari pintu masuk cukup jauh.

4. Kaliwatu Rafting Adventure

Bagi Anda yang suka tantangan dan suka kegiatan yang memicu adrenalin tidak perlu bingung cari tempatnya, karena Anda bisa Berarung jeram di Kaliwatu Rafting di wilayah Kota Batu. Kaliwatu Rafting berlokasi di Jalan Raya Pandanrejo Nomor 4, Bumiaji, Batu. Sungai untuk rafting di Kaliwatu ini memiliki arus yang relatif deras dengan bebatuan yang cukup banyak.

Dengan jarak tempuh sepanjang 7 km dan durasi selama 2 jam Anda akan mengarungi derasnya arus sungai ditemani pemandangan tumbuhan hijau yang menyegarkan mata. Kaliwatu Rafting beroperasi mulai pukul 09.00 pagi dengan biaya per orang 125.000 Rupiah.

5. Jatim Park 1  tempat wisata edukasi

Jawa Timur Park atau biasa disebut sebagai Jatim Park merupakan sebuah sarana rekreasi sekaligus belajar. Jatim Park sendiri merupakan ikon dari jawa Timur dengan 56 wahana permainan seperti kolam renang raksasa (dengan latar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, dan Mpu Gandring), spinning coaster, drop zone, 3D Ghost Haunter, dan lain-lain.Wahana-wahana menarik yang terdapat di tempat wisata ini di antaranya Volcano, Galeri Nusantara, Science Center, Flumride and Mythologies, dan miniatur beragam candi di Indonesia.

Jatim Park dinobatkan sebagai juara 1 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam kategori wisata buatan berskala besar tingkat nasional. Harga tiket masuk Jatim Park untuk weekday 55.000 Rupiah sedangkan untuk weekend dan hari libur 75.000 Rupiah.

6. Jatim Park 2 – Secret Zoo dan Museum Satwa

Jatim Park 2 terdiri dari Secret Zoo, Museum Satwa, dan Hotel Pohon Inn. Museum Satwa sendiri merupakan sebuah museum yang berisi satwa-satwa yang diawetkan dan juga fosil binatang purba yang didatangkan dari berbagai belahan dunia.

Jika Anda sudah puas melihat satwa yang diawetkan, selanjutnya Anda dapat melihat beragam binatang yang masih hidup di Batu Secret Zoo. Batu Secret Zoo sendiri menawarkan konsep kebun binatang modern, di mana terdapat berbagai macam koleksi satwa dari beragam belahan dunia yang ditempatkan di dalam kandang yang dibuat menyerupai habitat aslinya.

Secret Zoo menyuguhkan tema yang berbeda di setiap lokasi penempatan satwanya. Mulai dari tema Savana, Kampung Afrika, Fantasy Land, River Adventure, Feeding Birds, Tiger Land, dan lain-lain. Secret Zoo sendiri berhasil meraih penghargaan “Best Winner Traveler Choice 2014”. Harga tiket masuk untuk weekday 70.000 Rupiah sedangkan untuk weekend dan hari libur 100.000 Rupiah

7. Museum Angkut Batu

Museum Angkut Batu merupakan pengembangan dari Jawa Timur Park Group. Sesuai namanya, museum unik ini mempunyai koleksi aneka macam alat transportasi kuno dan modern dari seluruh belahan dunia, baik itu angkutan darat, laut, maupun udara. Museum ini berdiri megah di atas lahan seluas 3,7 hektar.

Museum Angkut Batu dibagi menjadi beberapa zona sesuai dengan latar belakang jenis angkutannya, seperti Zona Edukasi, Zona Jerman, Zona Batavia, Zona Inggris, Zona Gangster & Broadway, Zona Las Vegas, Zona Italy, Zona Hollywood, Zona Perancis, dan Pasar Apung Nusantara. Bukan hanya kendaraan saja yang didatangkan dari seluruh penjuru dunia, tetapi Anda juga dapat benar-benar merasakan atmosfer kota-kota besar dunia seperti, London, Amerika, Italia atau Paris.

Zona yang paling menarik adalah Zona Gangster and Broadway, di sana Anda akan disuguhi suasana di suatu kota kecil dengan konsep jalanan luar negeri lengkap dengan kantor polisi, gedung bioskop, dan pertokoan. Anda juga akan menjumpai Broadway Theatre sekaligus menikmati film lawas Charlie Caplin.

8. Eco Green Park

Eco Green Park berlokasi di Jalan Oro-oro Ombo Nomor 9A, Batu. Setiap harinya, tempat wisata ini buka mulai pukul 9.00 pagi sampai pukul 5.00 sore. Harga tiket masuk ke Eco Green park di hari biasa adalah 40.000 Rupiah per orang dan 60.000 Rupiah per orang pada akhir pekan.

Eco green park sangat cocok sebagai tempat wisata keluarga. Sedikitnya terdapat lebih dari 10 zona yang antara lain Zona Insectarium, Zona Walking Bird, Zona Music Plaza, Zona Jungle Adventure, Zona Animal Farm, Zona World Parrots, Zona Duck Kingdom, Zona Rumah Terbalik, dan masih banyak lainnya. Ada salah satu zona baru yang ditambahakan di Eco Green Park, yaitu zona memerah susu sapi. Di sini akan ditunjukkan demo memeras sapi perah Friesian Holstein (FH). Dua jenis sapi perah yang ada di zona ini langsung didatangkan dari Australia.

9. BNS – Batu Night Spectacular

BNS adalah singkatan dari Batu Night Spectacular. BNS adalah sebuah tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat malam hari. BNS sendiri didirikan untuk mendukung kota Batu sebagai all day city holiday, yang artinya dari pagi hingga malam Anda bisa menikmati wisata di kota ini. Jam operasional BNS adalah mulai pukul 3.00 sore sampai pukul 12.00 malam. Di sini tersedia beragam wahana yang ditujukan untuk berbagai kalangan, mulai dari anak-anak sampai dewasa.

Beberapa wahana favorit yang bisa Anda nikmati antara lain sepeda udara, cinema 4D, rumah hantu, kidz zone, dan taman lampion. Taman lampion ini merupakan spot yang dijadikan sebagai tempat favorit untuk berfoto sekaligus ikon dari BNS ini sendiri. Harga tiket masuk BNS saat weekday adalah 20.000 Rupiah dan saat weekend 30.000 Rupiah. Ada pula tiket terusan yang membuat Anda bisa memainkan segala wahana dengan membayar 90.000 Rupiah per orang.

10. Paralayang Gunung Banyak

Paralayang dan rumah pohon berada dalam satu area, tepatnya di Gunung Banyak. Di atas Gunung Banyak ini, Anda bisa menikmati pemandangan keseluruhan kota batu. Jika Anda berkunjung saat malam Anda bisa menikmati pemandangan kerlap kerlip kota Batu lengkap dengan gemerlap bintang yang menghiasi langit malam.

Anda yang menyukai suasana tenang bisa duduk di bangku-bangku kayu sambil menikmati suasana kota batu dari ketinggian. Sedangkan bagi Anda yang menyukai kegiatan ekstrim penguji adrenalin, bisa mencoba olahraga paralayang. Tak perlu khawatir akan jatuh karena Anda akan terbang didampingi oleh pemandu.

Berkunjung ke Paralayang jangan lupa mampir ke rumah pohon. Pernah membayangkan tidur dan menginap di rumah yang serba kayu dengan pemandangan alam yang menyejukkan hati? Anda bisa menginap di Rumah Pohon. Cukup dengan 250.000 – 350.000 Rupiah per malamnya, Anda bisa menghabiskan malam di atas rumah pohon. Jika tidak ingin menginap, Anda bisa melihat-lihat sambil berfoto dengan biaya 5.000 Rupiah saja.

Bila Anda sedang berkunjung ke Kota Malang atau ke Kota Wisata Batu silahkan sempatkan diri mengunjugi tempat wisata di Batu tersebut. Karena rasanya belum lengkap kalau belum mengunjunginya. Lokasi Fariz Hotel Malang tidak jauh dari berbagai tempat wisata tersebut. Karena hotel malang ini berada di lokasi stratetgis antara Kota Malang dan Kota Wisata Batu yang juga brdekatan dengan Guest House Malang yang merupakan pelopor penginapan Syariah di Malang  .

Selain mengunjungi berbagai tempat wisata di batu kita juga bisa mengunjungi berbagai tempat wisata di Malang lainnya.